Tempat Melihat Koala di Australia


Australia punya banyak binatang khas. Tapi yang paling terkenal tentu saja kanguru dan koala. Di antara dua binatang itu, I have a thing of koala. I think koala is a very cute animal.

Dua kali ke Australia, saya sudah 3 kali melihat koala. Yang pertama, di sekitaran Great Ocean Road, Victoria. Ada 3 koala sedang bertengger di 2 pohon ekaliptus yang berbeda. Yap, saya melihat koala di habitatnya langsung. Meskipun koala itu berada di jarak yang cukup jauh dari saya (karena pohonnya cukup tinggi) tetap aja saya girang bisa melihat koala di tempat asalnya.

Pengalaman melihat koala yang kedua saat saya mengunjungi Wildlife Sydney Zoo, di Darling Harbour, Sydney. Letak koalanya tentu lebih dekat daripada yang pertama. Tapi pengalamannya kurang seru karena saya harus melihat koala dari balik kaca. Ditambah lagi saat itu 2 koala yang saya lihat sedang asyik tidur.

Nah pengalaman yang ketiga, yang baru terjadi siang tadi lah yang paling seru. Soalnya saya bisa dekat banget sama koala. Ini kejadiannya di Healesville Sanctuary.

Healesville Sanctuary berjarak sekitar 1 jam perjalanan dengan mobil dari kota Melbourne. Tiket masuk ke tempat ini untuk orang dewasa sebesar 30.80 AUD. Tempat ini sebenarnya seperti kebun binatang. Tapi semuanya dibuat menyerupai habitat si binatang. Jadi saya berasa seperti ada di alam bebas yang sudah diatur rapi. 

Saat di tempat tiket masuk, ibu penjual tiketnya bertanya apakah saya mau beli tiket untuk lebih dekat dengan binatang yang ada? Saya langsung jawab mau dan binatang yang saya pilih adalah koala. Untuk ini saya harus membeli tiket tambahan sebesar 12 AUD. Ibu tersebut langsung menunjukkan di mana tempat saya harus menunggu dan jam berapa up close & personal with koala ini bisa dilakukan.


Saya dan Dindi

Di meeting point, saya bertemu dengan seorang ranger yang mengantarkan saya kepada sang koala. "His name is Dindi. He's a 3 year old boy," terang Ranger bernama Darren ini sambil mengantar saya ke tempat Dindi berada. Tepat di depan Dindi bertengger, Darren menerangkan dos & don'ts-nya. 

Dia menegaskan bahwa saya tidak boleh menyentuh koala, tidak boleh menyentuh daun ekaliptus yang jadi makanan koala dan dia menyarankan saya mencopot sunglasses saya karena Dindi bisa melihat bayangan dirinya di sunglasses tersebut dan dia bisa mengambil sunglasses tersebut dari saya. Darren juga mengingatkan untuk stay on track karena di situ juga ada Echidna (babi berduri).

Setelah menjelaskan itu, Darren yang didampingi ranger lain bernama Lulu, mengantar saya mendekati Dindi. Ya Tuhan, ini adalah jarak paling dekat antara saya dengan koala. Saking dekatnya saya sebenarnya bisa menyentuhnya. Tapi saya tidak mau melakukan itu karena saya menghormati peraturan yang Darren jelaskan.

Sambil memotret dan mengambil video dari Dindi, saya bertanya lebih banyak tentang Dindi. Ternyata Dindi lahir di sanctuary tersebut pada bulan Februari 2012. Darren bilang biasanya koala tidur 18 - 20 jam sehari. Jadi bisa melihatnya bangun dan sedang makan seperti yang saya lihat siang itu adalah hal yang istimewa. I am so lucky. Lebih beruntung lagi karena di waktu itu hanya ada saya yang melihat koala. Jadi saya puas menghabiskan 15 menit bersama Dindi yang memiliki berat sekitar 9,6 kg tersebut.

Tapi jujur aja meskipun koala itu terlihat luar biasa lucu, saya sempat deg-degan melihat cakarnya yang panjang. Nggak kebayang kalau cakar itu nempel di muka saya. Karena itu awalnya saya sempat deg-degan saat mau lebih dekat ke Dindi. Tapi saat Darren meyakinkan bahwa saya akan baik-baik saja, tanpa ragu saya menempel sedekat mungkin dengan Dindi. 

Setelah pengalaman bersama Dindi tersebut, sejauh ini saya bisa bilang bahwa tempat terbaik untuk melihat koala adalah di Healesville Sanctuary. I am so happy :)



----------@yanilauwoie-----------

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie

Share:

2 komentar

  1. Lots of memories that my mind can't keep. That's why I write :)

    **nice qoutes, saya ada beberapa pengalaman, sebagian ada beberapa yg ud lupa. tapi males nulis nya,hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia... Karena aku juga pelupa makanya aku menulis... :)

      Delete