Suka Makanan Pedas? Wajib Datang ke Warung MJS Setiabudi Jakarta

Saya adalah pencinta makanan pedas. Bagi saya, rasa pedas adalah 'penyelamat' dari rasa makanan yang kurang pas di lidah. Apalagi, kalau pedasnya bukan sembarang pedas melainkan pedas yang lezat, wah, itu akan menjadi makanan terlezat di dunia versi saya. Karena itu, saya senang banget makan di Warung MJS, Setiabudi, Jakarta. Pasalnya restauran ini memiliki menu-menu makanan pedas yang sangat pas dengan lidah saya. 

Duduk di taman dan ruang wayang bikin mata adem

Warung MJS ini dulu namanya adalah Mbah Jingkrak Setiabudi. Dulu, di depan restoran ini ada patung nenek-nenek sedang berjingkrak. Tapi karena nama restorannya berganti, sang nenek pun tidak ada lagi. Ikon tersebut digantikan dengan patung Punakawan (Semar, Gareng, Petruk, Bagong) yang letaknya berada di dalam restoran. "Sejak lepas dari franchise Mbah Jingkrak, kami ganti nama menjadi Warung MJS. Maskotnya sekarang bukan si Mbah lagi melainkan Punakawan," jelas manager Warung MJS, Danis.

Bagi saya sih, mau namanya apapun tidak masalah selama makanannya enak. Sebagai penggemar, saya merasa tidak ada perbedaan rasa ketika restoran ini bernama Mbah Jingkrak dengan yang sekarang bernama Warung MJS. Makanannya tetap enak. Makanan pedas yang enak inilah yang membuat saya sering datang ke tempat ini. Apalagi letaknya juga hanya tinggal jalan kaki 1 menit dari kosan saya dulu. Nggak heran kalau setiap minggu saya selalu makan di restoran yang memiliki spesialisasi makanan Jawa ini. 

Tiap kali makan di sini pilihan menu saya nggak jauh-jauh dari Ayam Rambut Setan, Kikil Mercon, Oseng Paria, Oseng Daun Pepaya, dan Tempe Mendoan. Meskipun kadang saya mencoba menu lain, tapi menu tersebut adalah menu wajib makan di Warung MJS. Makanan-makanan tersebut rasanya enak banget. Ayam Rambut Setan dan Kikil Merconnya bukan cuma pedas tapi juga sangat berasa campuran bumbu lainnya. 

Sedangkan Oseng Paria dan Oseng Daun Pepayanya juga bikin nagih. Pasalnya sang koki pintar membuat kedua sayuran yang memiliki rasa asal pahit menjadi tidak pahit dan enak untuk dinikmati. Kedua sayuran ini juga dicampur dengan teri medan. Jadi ada cita rasa sedikit asin gurih.

 Favorit saya: Ayam Rambut Setan, Oseng Paria, dan Tempe Mendoan

Tempe mendoannya juga jagoan. Setahu saya, orang yang memang gemar makan tempe mendoan ataupun yang biasa saja sama tempe mendoan (seperti saya) mengakui bahwa tempe mendoan di sini enak. Porsinya juga cukup besar. Satu tempe mendoan bisa dibagi untuk berdua. 

Selain itu, ada satu lagi menu yang saya sarankan untuk pencinta sambal, yaitu Sambal Iblis. Sambal ini terdiri dari tempe tumbuk yang diaduk dengan cabai. Waduh, rasa pedasnya nampol tapi bikin nggak bisa berhenti. Siap-siap saja bibir jadi jontor. Hahahaha.  

Selain makanannya, suasanya Warung MJS juga enak untuk nongkrong lama-lama karena suasananya nyaman. Mereka memiliki tiga area, yaitu area indoor (VIP) yang ada pendingin ruangannya, area semi indoor (ada dua ruangan, yaitu ruangan topi dan wayang) serta area outdoor (taman) yang letaknya di belakang. Mau duduk di manapun, boleh saja. Nggak ada perbedaan harga atau minimal order untuk bisa duduk di ruangan-ruangan ini. 

Masing-masing ruangan tersebut, sangat instagrammable. Warung MJS mendekor tiap ruangannya dengan merchandise-merchandise atau souvenir-souvenir unik. Ada souvenir yang sangat internasional, ada juga yang sangat lokal. Tinggal pilih saja mana yang bagus untuk diposting di Instagram.

Untuk tujuan foto, banyak yang senang dengan lokasi di taman karena berada di pinggir kolam renang dan banyak pepohonan yang membuatnya kelihatan asri. Cantik deh, untuk difoto saat hari masih terang. Tapi karena saya sudah melewati masa foto-foto, jadi tiap ke sini pasti tujuannya karena ingin makan. Saya paling senang duduk di ruangan indoor, soalnya dingin. Hehehe.

Ah, menulis ini bikin saya kangen makan di Warung MJS. Padahal sebelum berangkat ke Australia awal April ini, saya sengaja makan di Warung MJS lebih sering dari biasanya karena saya tahu makan di sini akan menjadi salah satu yang paling saya rindukan dari Indonesia.

Yang ingin mencoba tantangan makan pedas, datang saja ke sini:
Alamat Warung MJS: Jalan Setiabudi Tengah no.11, Jakarta Selatan 12910 
Nomor telepon: +62 21 5252 605

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar