Pengalaman Mengirim Surat di Kantor Pos di Melbourne, Australia

Saya merasa perlu menulis apa yang saya alami di kantor pos tadi siang agar saya ingat dan tidak mengulang kesalahan yang sama.


Beberapa hari sebelum saya berangkat ke Melbourne, Australia, teman saya, Uliel menitip sesuatu dari Jakarta untuk dikirimkan ke alamatnya yang sekarang berada di Perth. Tentunya biaya kirim Melbourne - Perth akan lebih murah daripada Jakarta- Perth. 

Nah, hari ini saya ke kantor pos yang ada di Collin Street. Cukup kaget juga karena banyak orang sudah mengantri dari pintu masuk. Memang, sih, kantor posnya kecil. Selain karena ukurannya, kantor pos ini melayani banyak hal. Selain kirim-mengirim surat dan barang, pembayaran tagihan, sampai foto untuk passport juga ada. Mungkin itu juga menjadi salah satu penyebab kenapa antriannya mengular.

Meskipun begitu, antrinya tidak lama karena petugas yang melayani ada 3 - 4 orang. Saat sampai bagian saya, sang petugas yang sudah paruh baya berkata, "Sebaiknya kalau mengirim surat alamat yang dituju dan pengirim jangan dijadikan satu karena nanti suratnya bisa kembali dikirim ke kamu." Saya memang menulis alamatnya di bagian depan semua. Tapi saya pikir petugas akan bisa membedakan karena ada "to" dan "from". 

"Lalu saya harus bagaimana?" 
"Nggak apa-apa seperti ini saja. Kalaupun nanti suratnya kembali ke kamu, tidak akan dikenakan biaya, kok."

Sebenarnya bukan masalah mengeluarkan biaya atau tidak tapi kalau suratnya kembali ke tempat yang saya tinggali selama di Melbourne sementara sayanya sudah di Jakarta, kan, akan repot. Akhirnya saya putuskan untuk membeli amplop baru. Kakek tersebut mengingatkan untuk menulis alamat pengirim di belakang amplop.

Untuk amplop, saya dikenakan harga sebesar 20 cent. Total amplop dan perangko senilai 1 AUD, saya harus membayar 2.20 AUD. Nggak apa-apa, deh, nambah 20 cent daripada repot karena titipan orang nggak sampai ke rumahnya. 

Find me at:
LINE: @psl7703h
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie


YouTube: yanilauwoie

Share:

2 komentar