Leisurelink, Kolam Renang Umum Bagus dan Murah di Geelong, Victoria, Australia

Karena nggak boleh foto di area kolam renang, saya foto pintu masuknya saja ;p

Sebagai 'anak ikan', saya sempat khawatir apakah saya bisa melanjutkan hobi berenang saya di Australia. Khawatir dengan harga masuk kolam renang yang mahal dan kondisi air yang dingin. Bagi saya, selain summer, Australia itu cuma punya dua musim, yaitu dingin dan dingin banget. Tapi setelah saya merasakan berenang di Leisurelink di Geelong, Victoria, kekhawatiran saya sama sekali tidak terbukti. Saya senaaaaaang banget sama kolam renang-kolam renang di sini. 

Leisurelink ini sebenarnya bukan hanya kolam renang publik saja tapi juga pusat kebugaran dan rekreasi. Di sini ada gym dan waterslides. Tapi enaknya, kita bisa memilih mana fasilitas yang mau kita pakai, jadi bayarnya disesuaikan. Karena saya memang hanya ingin berenang, jadi selalu bayar tiket masuk untuk berenang saja. Harganya hanya 6 AUD untuk orang dewasa. 

Untuk harga tersebut, pengunjung bisa mengakses 5 kolam renang. 5 kolam renang tersebut terdiri dari 2 kolam renang utama yang masing-masing memiliki panjang 25 meter dengan kedalaman 1,1 meter - 1,35 meter, 2 kolam renang anak-anak dengan kedalaman 0,5 meter - 0,9 meter dan airnya hangat, 1 satu kolam terapi yang memiliki kedalaman 1,1 meter dan air hangat. 

Untuk kolam renang utamanya, airnya tidak hangat seperti kolam anak-anak dan kolam terapi tapi nggak sedingin yang sebelumnya saya bayangkan. Barometer saya adalah kuping saya suka sakit bila airnya terlalu dingin. Tapi ini sudah tiga kali berenang di sini dan kuping saya selalu baik-baik saja. 

Yang saya suka dari berenang di Leisurelink adalah semua kolam sudah dibagi dengan jelas fungsinya, mana yang boleh main-main, mana yang untuk terapi dan mana yang memang khusus berenang. Jadi ini sangat mempermudah saya yang memang serius saat berenang. Bukan berarti saya seperti atlet juga sih, tapi saya senang ketika bisa 30 menit berenang non stop tanpa gangguan. Ini bisa saya dapatkan di Leisurelink.

Untuk kolam renang utama, mereka membagi dalam 7-8 line yang dibatasi oleh tali. 1 untuk walking line, 1 public line (ini buat yang renang mau main-main), dan sisanya untuk lap line (untuk berenang). Sedangkan di kolam utama satu lagi, untuk berenang semua yang line-nya dibagi dalam beberapa kecepatan, yaitu low, medium, dan fast.

Baca Juga: Kolam Renang Gratis di Eastern Beach, Geelong, Australia

Selain 5 kolam yang saya sebutkan di atas, terdapat juga kolam spa. Itu lho, kolam yang ada deburan-deburan airnya. Tapi untuk bisa menikmati kolam spa ini harganya beda. 12,90 AUD sudah termasuk renang, spa, dan sauna. Jangan bayangkan, akan ada penjaga lagi di depan kolam spa yang akan memeriksa tiket kita. Kolam spa berada di lokasi yang sama dengan 5 kolam lain. Tiap orang hanya bermodalkan kejujuran untuk bisa atau tidak bisa masuk ke kolam tersebut.

Memang tidak ada petugas khusus di kolam spa namun ada beberapa petugas yang wara-wiri di keseluruhan area kolam. Saya pernah melihat 3 - 4 orang petugas yang berjaga dengan memakai baju warna kuning kehijauan stabilo. Mereka akan bolak-balik di antara masing-masing kolam untuk memastikan semuanya baik-baik saja sehingga tidak ada pengunjung yang mengalami gangguan atau kecelakaan. 

Untuk kamar mandi dan toilet mereka memisahkan antara pria dan wanita. Saya lupa menghitung tapi selayang pandang, baik itu toilet maupun kamar mandinya jumlahnya banyak. Saya sih, tidak pernah mengantri kamar mandi tiap berenang ke sini padahal saya selalu berenang saat akhir pekan yang bisa dibilang pengunjungnya cukup ramai. Selain kamar mandi dan toilet, mereka juga memiliki kamar ganti yang jumlahnya juga tidak sedikit. 

Bila semua kamar mandi, ganti, dan toilet bisa diakses dengan gratis, loker harus sewa. Mereka menyediakan dua jenis loker, yaitu ukuran sedang dan besar. Harganya 2 AUD dan 3 AUD untuk periode selama 3 jam. Nggak perlu ribet megang kunci loker karena mereka menggunakan sistem digital untuk mengunci dan membuka loker. Jadi kita tinggal memasukkan kode angka sesuai keinginan kita.  

Namun kalau kita tidak mau menyewa loker, kita bisa meletakkan handuk (yang kita bawa sendiri) dan baju kita di kursi-kursi yang disediakan di pinggir kolam renang. Nggak perlu takut kehabisan spot karena kursinya adalah kursi panjang dan jumlahnya banyak. Saya pernah sekali tidak memakai loker dan barang bawaan saya aman semuanya.

Intinya, saya bersyukur banget bisa berenang di kolam renang publik yang bagus dan murah di Australia seperti Leisurelink ini. Untuk yang berada di sekitar Geelong, kolam renang ini sangat saya rekomendasikan. Info lebih lengkap tentang Leisurelink bisa intip situsnya di sini

Next, saya akan coba kolam renang publik di Melbourne. Kalau saya sudah mencobanya, akan saya share ya.. :)

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Blog Sebelumnya:

Share:

0 komentar