Mudahnya Membuka Rekening Bank Australia Bagi Turis atau Pemilik Visa Visitor



Foto Ilustrasi: Pixabay

"Bisakah pemilik visa visitor membuka rekening bank di Australia?" "Kira-kira sulit nggak ya, membuka rekening bank di Australia bagi pemilik visa visitor atau turis?" Pertanyan-pertanyaan tersebut sempat terbersit di benak saya. Dan ternyata jawabannya adalah bisa dan tidak sulit bagi turis membuka rekening bank di Australia. Berikut pengalaman saya.

Awalnya saya tidak berpikir untuk membuka rekening bank di Australia. Tapi mengingat saya akan lama di sini, rasanya sangat masuk akal bila saya memiliki rekening bank Australia. Hal ini tentunya untuk mempermudah saya melakukan transaksi serta menjaga keamanan dibandingkan memegang uang tunai yang tidak sedikit jumlahnya. 

Setelah menimbang-nimbang, saya memutuskan untuk membuka rekening di Commonwealth Bank (CommBank) of Australia. Alasannya? Saya familiar dengan bank ini. Meskipun belum pernah memiliki rekening bank ini, tapi saya tahu CommBank ada di Indonesia dan beberapa negara lainnya. Saya pikir ini akan mempermudah saya di perjalanan-perjalanan saya yang akan datang.

Setelah yakin dengan bank yang saya tuju, saya pun mendatangi salah satu cabangnya yang ada di 385 Bourke Street, Melbourne. Posisinya ada di sebrang H&M Store. Begitu masuk ke dalam bank, saya disambut petugas wanita yang menanyakan tujuan saya. Kemudian dia mencatat nama saya dan meminta saya menunggu di kursi."Tunggu sampai namamu dipanggil, ya," katanya ramah.

Sekitar 10 menit menunggu, datang seorang pria menghampiri saya. Dia pun kemudian mengajak saya menuju mejanya. Sampai di mejanya, dia meminta passport saya dan menanyakan beberapa pertanyaan kepada saya, di antaranya sudah berapa lama dan apa yang dilakukan di Melbourne. Saya pun menjelaskan bahwa saat ini saya sedang mengambil English Short Course. "Jadi kamu pelajar, ya?" tegasnya. "Tapi visa saya bukan visa pelajar. Visa saya visa visitor," jawab saya. "Oh, nggak masalah, kok," katanya.

Sekedar info, saya pemilik visa visitor dengan subclass 600. Visa ini memperbolehkan saya untuk belajar selama maksimal 3 bulan. 

Pria yang bernama Moe ini kemudian meminta saya menunjukkan visa saya. Saya pun menyodorkan kepadanya handphone saya, karena di situlah visa elektronik saya tersimpan. Moe lalu mencatat masa berlaku visa saya di secarik kertas dan meminta saya menuliskan alamat tinggal di Australia, nomor telepon di Australia, dan alamat email saya.

Selanjutnya dia meminta saya mengunduh aplikasi CommBank dari play store. Sambil menunggu saya mengunduh, Moe memasukkan semua data yang dimintanya dan data dari passport saya ke komputernya. 

Selesai proses tersebut, dia menjelaskan kepada saya bahwa dia membukakan 2 rekening untuk saya, yaitu Smart Access dan NetBank Saver. Bedanya apa? Smart Access adalah rekening untuk digunakan sehari-hari, seperti tarik tunai, transfer, dan sebagainya. Rekening ini tidak berbunga dan memiliki biaya bulanan 4 AUD per bulan (namun ada beberapa ketentuan yang bisa membuat kita bebas iuran ini, termasuk salah satunya bila status kita adalah pelajar). Sedangkan NetBank Saver adalah rekening untuk investasi karena memiliki bunga dan tidak dikenakan biaya bulanan. 

Strateginya adalah simpan uang di NetBank Saver dan hanya menstransfernya ke Smart Access ketika kita membutuhkannya saja. Transfer antara kedua rekening ini gratis dan sangat mudah karena bisa dilakukan dalam satu aplikasi. 

Selain bisa transfer untuk kedua rekening, Moe juga menjelaskan fitur-fitur lain dalam aplikasi CommBank. Termasuk mengaktifkan kartu ATM. "Kartu ATM kamu akan jadi dalam empat hari kerja. Seharusnya bisa kamu terima di hari Jumat atau paling lambat hari Senin," jelasnya.

Namun ketika menunggu kartu ATM jadi, selama aplikasi CommBank saya sudah aktif, saya tetap bisa melakukan transfer, menerima transferan, atau mengambil uang melalui mesin ATM meskipun tanpa kartu. "Nanti di mesin ATM pilih saja cardless. Kemudian mesin akan mengirimkan kode dan kamu harus memasukkan kode tersebut ke mesin ATM," jelasnya. 
  
Tahap terakhir yang ditunjukkan Moe kepada saya adalah cara men-deposit atau melakukan setoran ke rekening Smart Access melalui sebuah mesin yang ada di dekat mejanya. Selesai disetor, Moe meminta saya melihat aplikasi CommBank saya. Voila, sejumlah uang yang saya setor sudah tercatat di sana. 

Semua proses yang saya lakukan bersama Moe membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Keluar dari bank, rekening saya sudah aktif. Dan, hari Jum'at, 12 Mei 2017, kartu ATM sudah sampai di alamat yang saya berikan. Di dalam kartu tersebut terdapat surat yang menjelaskan tiga pilihan mengaktifkan kartu ATM, yaitu melalui website, telepon ke costumer care, atau melalui aplikasi CommBank. Saya memilih melalui aplikasi CommBank dan hanya dalam waktu 1 menit, kartu ATM saya sudah aktif. Hore!

Ternyata sangat mudah bagi turis membuka rekening bank di Australia. Syaratnya hanya perlu 5 hal berikut:
  1. Passport
  2. Visa yang masih berlaku
  3. Alamat tempat tinggal di Australia
  4. Nomor telepon Australia (saya pakai nomor handphone)
  5. Email pribadi
Sekarang tinggal bagaimana cara mengisi rekeningnya, nih. ;p

Share:

2 komentar

  1. Mba Yanie blh tanya, ambil coursenya dimana? Krn kebetulan aq pemegang visa yang sama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo...

      Saya ambil short courses di RMIT University dan Melbourne Training Associates.

      Delete