Ini 5 Hal yang Saya Lakukan untuk Mencegah Kecopetan Saat Jalan-jalan ke Luar Negeri

Saya dan teman saya Mira meletakkan tas kami di bagian depan saat jalan-jalan di Roma, Italia

Tentu kita berharap bisa mendapatkan pengalaman menyenangkan saat liburan atau jalan-jalan ke luar negeri. Jangan sampai mengalami peristiwa tidak menyenangkan seperti kecopetan. Nah, untuk menghindari copet saat jalan-jalan ke luar negeri, ini biasanya lima hal yang saya lakukan. 

1. Tidak pernah melepaskan tas dari diri saya selama berada di tempat umum. Meskipun itu di tempat yang sekiranya aman seperti lobi hotel, restoran, atau kafe. Saya dan teman saya pernah melihat aksi pencopetan saat sedang jalan-jalan di Roma, Italia. Saat itu copet mengambil tas dari bawah kursi seorang wanita yang sedang duduk di sebuah kafe. Kursi yang berada di pinggir jalan membuat copet mudah beraksi dan kabur dengan cepat.

2. Meletakkan tas di bagian depan tubuh ketika saya berada di tempat keramaian. Saat lagi asyik jalan-jalan, memotret objek wisata atau sedang pilih-pilih barang di pusat perbelanjaan, sebaiknya letakkan tas di bagian depan karena tas yang ada di belakang memudahkan pencopet untuk membuka tas kita. Kantong bagian depan tas saya sempat dibuka pencopet saat saya sedang asyik memotret Christ Church Cathedral di Dublin, Irlandia. Untung saya segera sadar sebelum pencopet membuka bagian utama tas saya.

3. Mengaitkan masing-masing ujung resleting tas dengan pengunci. Pencopet di Dublin hanya sempat membuka kantong bagian depan tas saya dan belum berhasil membuka bagian utama tas saya. Ini dikarenakan masing-masing ujung resleting utama tas, saya kaitkan dengan gantungan kunci sehingga tidak mudah bagi siapapun membukanya. Bukannya tidak bisa dibuka tapi paling tidak butuh waktu untuk membukanya.

4. Menyewa loker dengan pengunci di penginapan. Untuk para traveler yang suka menginap di kamar dorm yang harus berbagi kamar dengan traveler lain, sebaiknya menyewa loker yang bisa dikunci. Saya pernah menginap di kamar dorm di ketika jalan-jalan di Berlin, Jerman dan saya menyewa loker kecil untuk meletakkan paspor dan sejumlah uang. Mengelurkan uang lebih untuk sewa loker lebih baik daripada mengurus paspor yang hilang.

5. Memakai baju dalam berkantong. Seandainya tidak menemukan penyewaan loker, letakkan paspor di dalam kantong pakaian dalam. Ketika melakukan trip ke beberapa negara di Eropa, saya memakai pakaian dalam tanpa lengan yang memiliki kantong cukup besar di bagian dada. Kantong ini saya gunakan untuk meletakkan paspor dan sejumlah uang. Memang agak sedikit menganggu sih, tapi untungnya saya jalan-jalan ke Eropa saat udaranya sejuk, jadi tonjolan paspor di bagian depan bisa tertutup jaket.

Punya tip untuk menghindari copet saat jalan-jalan ke luar negeri? Share di kolom komentar, ya...

Tulisan saya ini pertama kali diterbitkan di situs Womantalk.

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h


Share:

0 komentar