Kenapa Paspor BCA Tidak Bisa Dipakai Belanja di Melbourne, Australia? Ini Penjelasannya



Sebenarnya saya paling malas menggunakan kartu (baik itu debit maupun kredit) ketika sedang bepergian ke luar Indonesia. Pasalnya harga jual mata uang asing oleh bank selalu lebih mahal daripada ketika saya menukarkan mata uang tersebut di money changer-money changer Indonesia. Namun ketika saya kehabisan uang cash tentu menggunakan kartu adalah pilihan yang terbaik.

Saya memiliki dua jenis kartu debit yang aktif, yaitu kartu debit Mandiri dan Paspor BCA. Maka kedua kartu tersebutlah yang saya bawa ke Melbourne, Australia. Tapi sayangnya tidak semuanya bisa saya gunakan untuk belanja di Melbourne. Dari kedua kartu tersebut, Paspor BCA tidak bisa digunakan belanja di Melbourne, Australia

Saya sudah mencoba menggesek kartu Paspor BCA di beberapa pusat perbelanjaan dan toko di Melbourne sepanjang April - Juni. Mulai dari departemen store Target, supermarket Coles, Aldi, Woolworths, toko Rip Curl, Cotton On, dan Fossil menolak kartu ini. 

Selain itu, kartu Paspor BCA juga tidak bisa saya gunakan di mesin pembayaran di Swanston Medical Centre dan mesin isi ulang/ top up kartu myki. Notifikasi "rejected" atau "declined" selalu keluar dari mesin-mesin di tempat-tempat tersebut. Satu-satunya yang sukses saya bayar dengan menggesek kartu Paspor BCA adalah pembayaran short course saya di RMIT University. 


Mesin-mesin pembayaran yang menolak tersebut memang tidak memiliki logo Maestro dan Cirrus-nya BCA melainkan logo Visa dan Mastercard. Tapi saya berasumsi seharusnya itu bukan masalah. Bukankah Maestro dan Cirrus bagian dari Mastercard? 

Karena penasaran, saya pun menyambangi cabang BCA yang ada di Gading Serpong, Tangerang pada awal Juli. Seorang petugas wanita menjelaskan kepada saya bahwa kalau kartunya tidak bisa digesek kemungkinan ada masalah dengan chip-nya. Tapi kemudian dia bertanya apakah saya bisa menggunakan kartu ini di atm? Saya jawab bisa. Bukan hanya di ATM Indonesia, saya juga bisa mengambil uang di ATM Bank Commonwealth di Melbourne yang memiliki logo Maestro dan Cirrus. Dari situ kami berkesimpulan bahwa masalahnya bukan pada chip.

Lalu petugas tersebut menambahkan, "Kalaupun masalahnya ada pada chip. Ibu harus ganti dengan kartu yang baru. Dan kartu Paspor BCA jenis baru belum bisa dipakai belanja di luar negeri." Belum bisa dipakai karena sedang dalam tahap pengembangan.


Hmm... Kalau masalahnya bukan di chip, lalu kira-kira di mana? Sang petugas menduga di mesin-mesin pembayaran yang saya gunakan tersebut tidak ada logo Maestro dan Cirrus-nya sehingga kartu Paspor BCA tidak bisa dipakai. Lalu saya bertanya kepadanya, "Bukankah Maestro dan Cirrus itu bagian dari Mastercard? Kenapa tidak bisa dipakai di mesin yang ada logo Mastercard-nya?" Sang petugas menjawab sambil tersenyum, "Kalau itu saya kurang tahu, Bu."

Well, inti dari tulisan ini bukan ingin menjelekkan karena toh, saya juga nasabah BCA. Tulisan ini sekadar info bahwa kita tidak bisa berbelanja menggunakan kartu Paspor BCA di Melbourne karena bisa dikatakan nyaris tidak ada pusat perbelanjaan di Melbourne yang mesin pembayarannya menerima kartu berlogo Maestro dan Cirrus. 

Ada yang pernah punya pengalaman sama dalam memakai kartu Paspor BCA di luar negeri? Terutama untuk belanja. Share pengalamannya, ya...

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h

Share:

8 komentar

  1. Wah saya malah sekarang jarang tukar di money changer Indonesia, karena rate beberapa bank malah lebih bagus dibanding MC dan gak perlu keluar ongkos ke MC hehehe. Ya, saya baru di kawasan Asia saja sih dan kebanyakan domisili di Semarang. Rate MC di Semarang selisihnya cukup lumayan sama MC di Jakarta. Jadi, option terbaik untuk saya adalah tarik tunai di negara tujuan karena lebih menguntungkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau rate bank lebih bagus dari MC memang kemana-mana enaknya pakai kartu ya Mbak Aireen. Lebih praktis :)

      Delete
  2. jangankan untuk bayar belanjaan, saya bahkan gak bisa tarik tunai di ATM. padaha udah pakai paspor BCA yang baru... sedihnya, kelabakan. sekarang saya sedang di Inggris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Thank you infonya...
      Kebetulan saya juga ada rencana ke Inggris.

      Delete
  3. saya ngalamin juga Mba, kalau narik duit bisa. tapi kalau berbelanja di Wholefood dll.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat belanja nggak bisa ya Mas Danton? Komennya belum selesai. Hehehehe... Kalau boleh tahu pakai paspor BCA yang lama atau yang baru, Mas?

      Delete
  4. Hari ini senin, tgl 19 Agustus 2019 saya belanja di Woolworth di Altona North Melbourne, ketika saya mau bayar menggunakan Kartu Paspor BCA ternyata tdk bisa, padahal sebelumnya waktu di Sydney, Brisbane dan Adelaide menggunakan Kartu Paspor BCA oke banget..ndak ada masalah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Mas Deddy...

      Thank you infonya. Kalau boleh tahu pakai kartu debit BCA yang lama atau yang baru ya?

      Delete