Fitzroy Gardens, Taman Wajib Kunjung di Melbourne, Australia

Conservatory saat saya datang di akhir musim dingin, 27 Agustus 2017

Fitzroy Gardens memang tidak sebesar Royal Botanical Gardens tapi taman ini wajib dikunjungi bila ingin melihat bunga-bunga cantik dan harum di Melbourne. Apalagi lokasinya juga dekat sekali dengan CBD sehingga mudah untuk menjangkaunya.

Pertama kali saya ke sini adalah saat musim gugur atau autumn pada Mei 2017. Dari pintu masuk taman, saya sudah disambut oleh pohon-pohon yang daun-daun kuningnya mulai berguguran. Kuningnya dedaunan yang berserakan di atas rumput yang hijau membuat taman ini terlihat cantik sekali. Nggak heran banyak orang mengincar taman ini untuk dijadikan lokasi sesi foto musim gugur. Seperti siang itu, saat saya melihat seorang wanita muda sedang bergaya dengan melempar-lempar dedaunan di depan kamera bertripod.

Ternyata pepohonan tersebut bukan satu-satunya pesona taman ini. Pesona lainnya terletak di dalam bangunan bernama Conservatory. Di sini, saya menemukan aneka bunga warna-warni yang tertata rapi dan cantik di antara dekorasi jembatan. Bunga-bunga ini membuat saya tidak tahan untuk memotret terus-menerus.

Akhir pekan kemarin, 27 Agustus 2017 saya datang lagi ke taman ini dengan dua orang teman saya yang berkunjung dari Indonesia. Saya merasa harus menunjukkan taman ini kepada mereka. Dan ternyata pilihan saya tidak salah. Meskipun saya tidak lagi melihat daun-daun kuning berguguran, ranting-ranting pohon yang gundul tetap terlihat memesona. Saya nggak habis pikir, kok bisa pohon gundul tetap terlihat cantik?


Conservatory saat saya datang di musim gugur, Mei 2017

Conservatory-nya juga tidak kalah cantik. Bunga-bunga aneka warna memenuhi tempat ini. Bunga-bunganya terlihat berbeda dengan kedatangan saya sebelumnya yang banyak didominasi warna merah. Kali ini, bunga-bunga warna pink dan ungu mendominasi. Dekorasinya juga berbeda. Tidak ada lagi jembatan di tengah ruangan namun digantikan dengan patung orang yang memiliki air pancuran. Aduh, saya dan teman-teman saya betah lama-lama di sini. Karena sejauh memandang, mata kami benar-benar dimanjakan oleh keindahan.

Menurut seorang petugas yang saya temui di sini, Conservatory memiliki lima dekorasi yang berbeda per tahunnya. Desainnya disesuaikan dengan sedang ada pameran bunga apa pada saat itu. Durasi pergantian dekorasinya juga fleksibel, tidak tergantung pada musim. Sejauh ini saya sudah melihat dua dekorasi. Penarasan ingin melihat dekorasi-dekorasi lainnya di pameran-pameran bunga berikutnya. 


Cook's Cottage saat musim gugur

Oh iya untuk yang pencinta sejarah, wajib juga ke sini. Karena di sini terdapat Cook's Cottage. Dibangun pada tahun 1755, Cook's Cottage merupakan bangunan paling tua di Australia. Rumah ini awalnya berlokasi di Yorkshire, Inggris dan dibangun oleh orang tua James Cook. Lalu rumah ini dibawa ke Melbourne oleh Sir Russell Grimwade pada tahun 1934. Jangan tanya saya deh, bagaimana caranya memindahkan satu rumah utuh ke benua lain, membayangkannya saja sudah bikin saya bingung.

Jadi untuk pencinta bunga atau sejarah, saya sangat merekomendasikan untuk berkunjung ke Fitzroy Gardens. You'll love this gardens as much as I do :)


Alamat: Wellington Parade, East Melbourne
Waktu buka: 24 jam (kecuali Cook's Cottage: 09.00 - 17.00)
Tiket masuk: Gratis (kecuali Cook's Cottage, bayar: 6.50 AUD)
Info lengkap: bisa kunjungi situsnya di sini 

----------@yanilauwoie----------

Find me at:
Instagram: yanilauwoie
Twitter: yanilauwoie
YouTube: yanilauwoie
LINE: @psl7703h


Share:

0 komentar